BELI

Tray Semai 105 Lubang Rp. 23.000

 

Tray semai (seedling tray) 105 lubang, dapat digunakan untuk menanam atau menyemai biji benih tanaman. Ukuran diameter per lubang adalah sekitar 3 cm x 3 cm dengan tinggi sekitar 4 cm.

Seedling tray disebut juga tray semai atau baki semai, biasanya dipakai untuk menanam atau pembibitan. Jadi ketika Anda membeli benih tanaman, untuk menyemainya jika tidak mau repot, gunakan seedling tray saja terlebih dahulu.

Seperti yang kita ketahui, perawatan tanaman pada tahap awal (pas masih baby hehe..) akan sangat menentukan kualitas tanaman tersebut ketika sudah dewasa. Bahkan berhasil atau tidaknya tanaman Anda, bergantung pada tahap ini: tahap penyemaian.

Sebenarnya seedling tray sampai saat ini penggunaannya masih dijadikan alternatif, orang-orang yang saya temui lebih suka menggunakan polybag dalam penyemaian. Penyebabnya mungkin karena penggunaan tray semai jika dibandingkan dengan penggunaan polybag, seedling tray mungkin akan terlihat lebih mahal. Tapi sebenarnya jika Anda hitung biaya akhirnya, penggunaan tray semai justru memangkas biaya penyemaian bibit tanaman.

Selain sebenarnya ekonomis (kok bisa ekonomis? baca saja dulu, nanti pas akhir artikel juga tahu kenapa bisa lebih hemat), tray semai mempunyai beberapa kegunaan yaitu:

  • Sebagai alat atau media semai. Penggunaan seddling air akan membuat benih cepat tumbuh karena kelembaban benih terjaga dengan baik sebab seddling tray bisa ditutup saat proses penyemaian yang akan menjaga kelembaban benih.
  • Sebagai alat atau media pembesaran. Proses semai sampai dengan panen bisa dilakukan di dalam seedling tray ini apalagi tumbuhan yang tumbuh keatas seperti kangkung, bayam dan rempah-rempah. Tray semai dapat memakai beberapa media tanam seperti cocopeat, sekam bakar, Perlite & Vermiculite dll.
  • Praktis dan mudah. Memudahkan para pekebun rumahan dan petani untuk menyemai karena kepraktisan penggunaannya. Betapa tidak, dalam satu baki atau tray sudah disediakan banyak lubang. Anda sisa mengisi media tanam dan langsung menanam benih disana, bisa langsung dispray tiap hari, kalau perlu ditutup koran biar makin lembab. Hal ini tentunya akan menghemat tenaga dan juga waktu Anda dibanding menyemai menggunakan wadah polybag.
  • Tumbuh-kembang tanaman lebih baik. Tumbuhnya akar pada tanaman yang dibesarkan di seedling tray lebih teratur.
  • Gampang dipindahkan. Ketika sudah tumbuh, Anda akan terkejut dengan mudahnnya melepaskan bibit dari tray semai tanpa merusak bibit tersebut. Risiko tanaman terinjak atau terjatuh pun akan diminimalisir.
  • Ekonomis.Seedling tray ini juga dapat digunakan berkali-kali sehingga hemat biaya dan bahan.
  • Dapat menjadi media pembibitan khusus berkebun dengan sistem hidroponik (tray semai untuk hidroponik semakin marak trennya).

Saya sendiri mempunyai tray semai kesayangan di rumah, meski sudah usang (dipakai berkali-kali), tetap saja kesayangan. Bagaimana caranya tidak menjadi kesayangan, kalau semua tanaman admin rata-rata lahir di tray tersebut. Seedling tray boleh dikatakan RS bersalin bagi bibit-bibit tanaman saya hehe..

Seedling tray dikirimkan tanpa dilipat, dimensinya P x L x T = 54 cm x 28,5 cm x 5 cm.

Catatan:

Free packing bubble wrap atau kardus. Tapi resiko robek/rusak diperjalanan sangat tinggi. Kami menyarankan untuk Anda membeli minimal 3-5 lembar untuk mengurangi resiko rusak/robek karena tray semai menjadi lebih kuat jika saling tumpuk.

Harga tertera adalah harga untuk per pcs/lembar tray semai.

Koleksi Produk Lainnya :

 
Copyright © 2017. FLATSHOP Template - Design by: idBLOGSPOT